recent posts

Pelagiarism Bahan Sejarah Gereja Indonesia

 Pokok ini sengaja saya bahas disini karena beberapa pengalaman saya dalam hal tindakan oknum tertentu yang mengambil karya orang lain, khususnya bahan ajar Sejarah Gereja dan menjadikan menjadi karyanya dengan mengurus ISBN. Saya menemukan beberapa orang yang saya duga mengambil karya dalam bidang Sejarah Gereja Umum dan juga Sejarah Gereja Indonesia yang saya tulis ada ada soft copy di laptop saya. Saya sebenarnya sudah menemukan oknum tersebut di google scholar saya. Biasanya google scholar akan menempatkan karya kita yang dikutip oleh orang lain. Hal itu dapat kita ketahui dari google scholar kita. Saya punya google scholar dan juga punya beberapa blog tentang bahan ajar yang saya asuh, diantaranya bahan ajar sejarah gereja Indonesia dan bahan ajar Entrepreneur juga saya duga diambil oleh orang yang sama dan menerbitkannya menjadi buku dan saya tahu dai Google. Kedua mata kuliah ini, beberapa bahan yang saya buat, diambil oleh orang lain dan diterbitkan menjadi buku yang ber-ISBN. Bila membaca buku yang diterbitkan, maka ada beberapa bagian yang saya duga kopi paste dari bahan ajar saya tentang Sejarah Gereja Indonesia. Yang lebih menggelikan lagi beberapa definisi Sejarah Gereja yang saya buat, misalnya sejarah gereja gereja adalah sejarah tafsir Alkitab itu referensinya Wikipedia padahal di wikipedia tidak ada definisi tersebut, demikian juga beberapa defini yang lain.Mungkin suatu saat, kami hubungi orang yang saya maksudkan untuk membuat pembahasan di sekitar bahan yang diterbitkan menjadi buku. Kalau saya referensinya lengkap, dari mana saya ambil definisi Sejarah Gereja, termasuk sejarah gereja adalah sejarah tafsir Alkitab dan beberapa bahasan saya tentang materi sejarah Gereja.

Saya sudah tahu oknum yang bersangkuta dan tempat mengajarnya. Namun saya belum menghubungi pihak kampus perihal dugaan saya ini. Mungkin suatu saat saya akan telp ke beliau atau ke pihak rektorat. Jadi, materi yang saya duga dikopi paste adalah Sejarah Gereja Indonesia dan Bahan Ajar Entrepreneur yang dimunculkan dalam topik bahasan kepemimpinan. Misalnya saya menulis dalam bahan ajar ENtrepreneur dengan pernyataan: Alkitab bukan kita Entrepreneur dan seterusnya dikutip oleh oknum ini tetapi sayangnya ia tidak menyebutkan sumber yaitu bahan ajar saya, sudah ada di blog Etrepreneur.

Untuk bahan yang saya duga dikopi paste oleh oknum lain silakan ketik di google Scholar dan ketik Sejarah Gereja Indonesia dan tempatkan nama saya di depan kata Sejarah Gereja: Misalnya Yonas Muanley Sejarah Gereja Indonesia maka akan muncul deretan informasi, silakan lihat beberapa yang ditampilkan dan silakan buka dan bandingkan dengan bahan ajar saya khuususnya bebera definisi Sejarah Gereja, dan kekhasan saya yaitu definisi yang didalmnya terkandung karya Allah Tritungga dengan sejumlah alasan yang saya berikan.

Melihat praktik oknum tertentu yang mungkin karena alasan kepangkatan atau alasan lain lalu mengkopi paste bahan seseorang dan menerbitkan menjadi buku. Seharusnya ini tidak perlu terjadi. 


Salam

Dr. Yonas Muanley, M.Th.

Pelagiarism Bahan Sejarah Gereja Indonesia Pelagiarism Bahan Sejarah Gereja Indonesia Reviewed by Yonas Muanley on 9:02 PM Rating: 5

No comments:

Powered by Blogger.